Jumaat, 9 Oktober 2009

Sejarah Khatam khwajagan


Syaikh Nazhim al-Haqqani ? berkata, Allah ??berkata pada Nabi ? pada malam Miraj, Ya Muhammad ?, telah Ku-ciptakan seluruh makhluk demi dirimu, dan Aku berikan semua itu padamu. Pada saat itu, Allah ??mengaruniakan pada Nabi ? kekuatan untuk melihat semua yang telah Ia ciptakan, dengan semua cahaya dan nur mereka, dan semua kenikmatan yang telah Allah ??karuniakan pada makhluk-Nya dengan menghiasi mereka dengan Atribut-Atribut-Nya dan dengan Cinta dan Keindahan Ilahiah-Nya.
Muhammad ? terkesima dan terpesona karena Allah ??telah memberi beliau suatu hadiah berupa makhluk-makhluk seperti itu. Allah ??berfirman kepada beliau, Ya Muhammad ?, apakah kau bahagia dengan ciptaan-ciptaan-Ku ini? Beliau menjawab, Ya, wahai Tuhanku, Ia berfirman, Kuberikan mereka kepadamu sebagai amanah untuk kau jaga, agar kau bertanggung jawab atasnya, dan untuk mengembalikan mereka pada-Ku dalam keadaan seperti saat mereka Kuberikan padamu. Muhammad ? memandang pada mereka dengan penuh kegembiraan karena mereka begitu berkemilau dengan cahaya-cahaya yang indah, dan beliau berkata, Wahai Tuhanku, aku terima. Allah ??berfirman, Apakah kau terima? Beliau menjawab, Kuterima, kuterima. Dan begitu beliau selesai menjawab untuk ketiga kalinya, Allah ? mengaruniakan beliau suatu kasyf (visi) akan dosa-dosa dan berbagai bentuk kesengsaraan, kegelapan, dan kejahilan di mana mereka akan terjatuh ke dalamnya.

Saat Muhammad ? melihat hal ini, beliau kaget dan cemas, berpikir bagaimana beliau akan dapat mengembalikan mereka kepada Tuhannya dalam keadaan suci seperti keadaan awalnya. Beliau berkata, Wahai Tuhanku, apa ini? Allah ??menjawab, Wahai kekasih-Ku, inilah tanggung jawabmu. Engkau harus mengembalikan mereka pada-Ku dalam keadaan suci seperti ketika Aku berikan mereka padamu. Kemudian Muhammad ? berkata, Wahai Tuhanku, berikan padaku penolong-penolong untuk membantuku membersihkan mereka, untuk mensucikan roh mereka, dan untuk membawa mereka dari kegelapan dan kejahilan menuju maqam pengetahuan, kesalihan, kedamaian, dan cinta.��

Allah ??kemudian mengaruniakan pada beliau suatu pemandangan (kasyf) di mana Ia memberitahukan pada beliau bahwa di antara seluruh ciptaan itu, Ia telah memilih bagi beliau 7.007 Wali Naqsybandi. Ia berfirman, Wahai kekasih-Ku, Ya Muhammad, wali-wali ini adalah termasuk wali-wali istimewa yang telah Ku-ciptakan untuk menolongmu menjaga agar ciptaan ini tetap suci. Di antara mereka, terdapat 313 yang memiliki tingkatan tertinggi, maqam paling sempurna di Hadirat Ilahiah. Mereka adalah pewaris rahasia dari 313 rasul-rasul. Kemudian Ku-berikan padamu empat puluh, yang membawa kekuatan yang paling istimewa, dan mereka adalah tonggak-tonggak dari seluruh wali. Mereka akan menjadi guru dan syaikh besar di masa-masa mereka, dan mereka akan menjadi para pewaris dari Rahasia Haqiqat.��
��Di tangan para wali inilah, setiap orang akan disembuhkan dari luka-lukanya, baik luka luar maupun luka dalam. Wali-wali ini akan mampu membawa seluruh umat dan seluruh makhluk ciptaan tanpa ada tanda-tanda kelelahan. Setiap orang di antara mereka adalah Ghawts (Pemberi Syafaat Tertinggi) di zamannya, yang di bawahnya ada lima orang Qutub (Kutub Spiritual).��
Nabi ? begitu bahagia dan beliau berkata, Wahai Tuhanku, berikan lagi bagiku! Kemudian Allah ??pun menunjukkan padanya 124.000 wali, dan Ia berfirman, Wali-wali ini adalah pewaris dari 124.000 nabi. Seorang wali adalah seorang pewaris dari seorang nabi. Mereka pun akan di sana membantumu membersihkan umat ini.��

Ketika Nabi ? sedang naik ke Hadirat Ilahiah, Allah ??membuat beliau untuk mendengar suara seorang manusia. Suara itu adalah suara dari seorang teman dan sahabat terdekatnya, Abu Bakar ash-Shiddiq ?. Nabi ? diperintahkan oleh Allah ??untuk memerintahkan Abu Bakar ash-Shiddiq ??untuk memanggil seluruh wali-wali Naqsybandi: yang 40, yang 313, dan yang 7.007, beserta seluruh pengikut dan murid mereka, dalam bentuk spiritual (roh) mereka, ke Hadirat Ilahiah. Semuanya untuk menerima Cahaya dan Barakahyang istimewa itu.

Kemudian Allah ??memerintahkan Nabi ?, yang kemudian memerintahkan Abu Bakar ?, untuk memanggil 124.000 wali dari 40 tarekat lainnya beserta murid-murid mereka untuk diberikan Cahaya di Hadirat Ilahiah. Seluruh syaikh mulai muncul di perkumpulan itu beserta seluruh murid mereka. Allah ??kemudian menyuruh Nabi ? untuk melihat mereka dengan kekuatan dan cahaya Kenabiannya, dan untuk mengangkat mereka semua ke Maqam Shiddiqin, Yang Terpercaya dan Yang Benar. Kemudian Allah ??berfirman kepada Nabi ?, dan Nabi ? pun berkata kepada para wali, Kalian semua dan seluruh pengikut kalian akan menjadi bintang- gemintang yang berkilauan di antara manusia, untuk menyebarkan cahaya yang telah kuberikan pada kalian di pra-keabadian ke seluruh manusia di permukaan bumi.��
Mawlana Syaikh Nazhim ? berkata, Itu semua hanyalah satu di antara rahasia-rahasia yang telah dibuka tentang Malam Miraj kepada kalbu para wali melalui periwayatan (transmisi) dari Sanad Emas Tarekat Naqsybandi. Lebih banyak lagi kasyf yang diberikan kepada Nabi ?, tetapi tidak ada izin untuk membukanya.

Malam itu, Nabi ? diperintah Allah ??untuk melakukan 50 salat dalam sehari. Beliau meringkasnya menjadi lima kali salat dalam sehari atas nasihat Nabi Musa ?. Beliau kembali dari Malam Isra Miraj, dan orang pertama yang mempercayai beliau adalah Abu Bakar ash-Shiddiq ?. Orang-orang kafir, sambil berharap untuk mempermainkan beliau, menanyakan pada beliau untuk melukiskan Yerusalem. Beliau melukiskannya dengan seluruh detailnya, dan orang-orang kafir dipermalukan.
Siksaan atas Nabi ? dan sahabat-sahabat beliau semakin meningkat. Kemudian Allah ??mengirimkan pada beliau, kaum Ansar (Penolong) dari Madinah. Islam telah mulai tersebar pada suku-suku dari oasis kecil ini yang terletak tak jauh dari Makkah. Allah ??memberikan izin-Nya bagi kaum Mukmin untuk berhijrah ke Madinah, rumah dari kaum Ansar. Abu Bakar ? menginginkan untuk berhijrah, tetapi Muhammad ??berkata padanya, Jangan pergi dulu, tunggulah, dan mungkin kau akan berhijrah bersamaku. Ada suatu kejadian amat penting yang mesti terjadi.

Nabi ? meninggalkan Makkah di malam hari bersama Abu Bakar ?, dan meninggalkan di belakang beliau Ali ? untuk berpura-pura berperan sebagai beliau di tempat tidur beliau. Di perjalanan, beliau berhenti untuk bersembunyi di Gua Tsaur. Abu Bakar ? berkata, Wahai Nabi ?, jangan masuk, aku akan masuk lebih dahulu. Dalam hatinya, Abu Bakar ??berpikir bahwa mungkin akan ada sesuatu yang berbahaya di dalam dan ia memilih untuk menghadapinya lebih dulu. Abu Bakar ??menemukan sebuah lubang di dalam gua itu. Abu Bakar ??memanggil Nabi ? untuk masuk ke dalam, dan ia sendiri menaruh telapak kakinya di atas lubang itu, menutupinya. Nabi ? masuk dan menaruh kepala sucinya di pangkuan paha Abu Bakar ?. Seekor ular di dalam lubang tadi mulai menggigit kaki Abu Bakar ?. Abu Bakar ??mencoba sekuat tenaga untuk tidak bergerak, sekalipun ia dalam kesakitan yang amat sangat. Air mata mulai menetes dari matanya, dan mengalir melalui pipinya. Setetes air mata itu terjatuh mengenai wajah suci Nabi ?. Saat inilah, sebagaimana disitir dalam Quran, Ia berkata pada sahabatnya, Jangan bersedih; sungguh Allah ??beserta kita.�� [9:40]. Abu Bakar ??berkata pada Nabi ?, Wahai Nabi Allah ?, aku tidak bersedih, tetapi aku dalam kesakitan. Seekor ular tengah menggigit kakiku dan aku khawatir ia akan menggigitmu. Aku menangis karena hatiku terbakar demi dirimu dan demi keselamatanmu. Nabi ? begitu bahagia dengan jawaban sahabat terkasihnya ini hingga beliau memeluk Abu Bakar ash-Shiddiq ?, menaruh telapak tangan beliau di kalbu Abu Bakar ??dan menuangkan pengetahuan yang telah Allah ??karuniakan pada beliau, ke dalam kalbu Abu Bakar ash-Shiddiq ?. Karena itulah beliau bersabda dalam sebuah hadis, Apa pun yang telah Allah ??tuangkan dalam kalbuku, aku tuangkan ke dalam kalbu Abu Bakr.

Grandsyaikh kita Muhammad Nazhim al-Haqqani ? berkata, Selanjutnya Nabi ? menaruh tangan beliau yang lain ke kaki Abu Bakar ash-Shiddiq ??dan membaca, Bismillahir-Rahman ir-Rahim, dan kaki Abu Bakar ??pun segera sembuh. Kemudian beliau memerintahkan sang ular untuk keluar, dan ular itu pun keluar, menggulung dirinya di depan Nabi ?. Kemudian Nabi ? bersabda kepada ular tersebut, Tak tahukah engkau bahwa daging seorang Shiddiq diharamkan bagimu? Mengapa engkau memakan daging Sahabatku? Ular itu menjawab kepada Nabi ? dalam bahasa Arab yang murni dan sempurna, Wahai Nabi Allah ?, tidakkah semua ciptaan diciptakan demi dirimu dan demi cintamu? Wahai Nabi ?, aku pun mencintaimu. Saat kudengar bahwa Allah ??berfirman bahwa umat terbaik adalah umatmu, aku pun memohon pada-Nya untuk memperpanjang umurku dan mengaruniakan padaku kehormatan untuk dapat tergolong sebagai umatmu dan untuk dapat melihat wajah sucimu. Dan Allah ? mengabulkan harapanku dan kehormatan itu bagiku. Ketika Abu Bakar ??menaruh kakinya di lubang itu, kakinya menghalangi pandanganku. Aku ingin agar ia memindahkan kakinya agar aku dapat melihat dirimu. Nabi ? bersabda, Pandanglah diriku sekarang dan penuhi harapanmu. Ular itu memandang dan memandang; setelah beberapa saat, ia mati. Nabi ? memerintahkan Jinn untuk membawa ular itu pergi dan menguburkannya.
Mawlana Syaikh Nazhim ? berkata, Hal-hal ini adalah rahasia-rahasia yang telah diberikan kepada kalbu-kalbu para Wali Naqsybandi. Beliau melanjutkan ceritanya sebagai berikut, Kemudian Nabi ? bersabda kepada Abu Bakar ?, Sebenarnya tak ada keperluan apa pun untuk berhenti di gua ini, kecuali suatu peristiwa yang penting akan terjadi di sini. Suatu Cahaya dari akar suatu Pohon Spiritual yang akan menyebar ke seluruh umat manusia, suatu Cahaya yang datang langsung dari Hadirat Ilahiah, akan muncul di sini. Allah ??telah memerintahkan padaku untuk menyampaikannya padamu dan ke seluruh pengikut Tasawuf Naqsybandi.��
Jalur transmisi ini tidaklah disebut sebagai Naqsybandi saat itu, tetapi dikenal sebagai anak-anak dari Abu Bakar ash-Shiddiq ?, dan beliau (Abu Bakar ?) dikenal oleh para wali sebagai Bapak dari jalur sanad ini.
Kemudian Allah ??memerintahkan Nabi ? untuk menyuruh Abu Bakar Ash-Shiddiq ??untuk memanggil seluruh syaikh (guru) dari Sanad Emas yang merupakan pewaris dari Abu Bakar ?. Abu Bakar ??memanggil para grandsyaikh dari Sanad Emas, seluruh dari mereka, dari zamannya hingga ke zaman Al-Mahdi ?. Mereka semua dipanggil lewat roh-roh mereka dari Alam Arwah. Kemudian Abu Bakar ??diperintahkan pula untuk memanggil 7.007 Wali Naqsybandi. Kemudian Nabi ? memanggil 124.000 nabi-nabi.
Abu Bakar ash-Shiddiq ?, dengan perintah Nabi ?, memerintahkan setiap grandsyaikh untuk mengumpulkan pengikut-pengikutnya untuk hadir secara spiritual. Kemudian Abu Bakar ash-Shiddiq ? memerintahkan seluruh syaikh untuk mengambil tangan para pengikut mereka untuk menerima bayat (inisiasi). Abu Bakar ??menaruh tangannya di atas mereka semua, dan kemudian Muhammad ? menaruh tangan beliau di atas mereka semua, dan kemudian Allah ??meletakkan Tangan-Nya, Tangan Kekuasaan (Qudrat), di atas mereka semua. Dan Allah ?, oleh Diri-Nya Sendiri-lah, menaruh di lidah setiap orang yang hadir bacaan zikir-Nya (talqin az-dzikr), dan Ia memerintahkan Nabi ? untuk menyuruh Abu Bakar ash-Shiddiq ??untuk memerintahkan semua wali yang hadir bersama pengikut-pengikut (murid) mereka untuk melafazkan apa yang mereka dengar dari Suara Qudrati:

ALLAHU ALLAHU ALLAHU HAQQ
ALLAHU ALLAHU ALLAHU HAQQ
ALLAHU ALLAHU ALLAHU HAQQ

Semua mereka yang hadir mengikuti syaikh mereka dan para syaikh itu mengikuti apa yang mereka dengar dari Nabi ? yang juga melafazkan. Kemudian Allah ??mengajarkan rahasia dari zikir, yang dikenal sebagai Khatm-il-Khwajagan, kepada Abdul Khaliqal-Ghujdawani ?, yang memimpin zikir pertama di antara para wali dari tarekat ini. Nabi ? mengumumkan kepada Abu Bakar ?, yang kemudian mengumumkannya ke seluruh wali, bahwa Abdul Khaliq al-Ghujdawani ? adalah pemimpin dari Khatm-il-Khwajagan. Setiap orang mendapat kehormatan untuk menerima rahasia dan cahaya itu dari Khwaja Abdul Khaliq al-Ghujdawani ?, di hadirat para wali, di hadirat AbuBakar ash-Shiddiq ?, di hadirat Nabi ?, dalam Hadirat Allah ?.
Mawlana Syaikh Nazhim ? berkata, Siapa pun yang menerima bayat (inisiasi) dari kami atau menghadiri Majelis Zikir kami mesti mengetahui bahwa dirinya telah hadir di gua tersebut di saat barakah itu, di Hadirat Nabi ?, dan bahwa ia telah menerima semua rahasia-rahasia ini kemudian. Rahasia-rahasia ini telah disampaikan kepada kami melalui para syaikh dari Sanad Emas, melalui Abu Bakar ash-Shiddiq ?.
Abu Bakar ash-Shiddiq ?, teramat bahagia dan gembira dengan apa yang terjadi di dalam gua itu, dan beliau kini mengerti mengapa Nabi ? telah memilihnya untuk menjadi teman dalam hijrah beliau. Para Syaikh Naqsybandi menganggap kejadian-kejadian dalam gua tadi sebagai fondasi dari tarekat. Tidak hanya sebagai sumber dari wirid harian, tetapi juga karena roh-roh dari seluruh anggota tarekat ini telah hadir bersama di saat itu.

Setelah kejadian di gua tadi, mereka melanjutkan perjalanan ke Madinah al-Munawwarah. Saat mereka mencapai Quba, suatu desa di dekat Madinah, di hari Senin di bulan Rabiul Awwal, mereka berhenti untuk beberapa hari. Di sana Nabi ? membangun masjid pertamanya. Mereka melanjutkan perjalanan mereka di hari Jumat, setelah mendirikan Salat Jumat di Quba. Itu adalah Jamaah Jumat pertama yang beliau dirikan. Beliau memasuki Madinah bersama sahabat beliau, di tengah-tengah teriakan takbir (ALLAHU AKBAR) dan tahmid (AL-HAMDU LILLAH) dan kegembiraan serta kebahagiaan yang meluap dari setiap orang yang hadir. Beliau bergerak ke arah mana unta beliau akhirnya berhenti, dan di sanalah kemudian beliau membangun masjid beliau dan rumah beliau. Beliau tinggal sebagai seorang tamu di rumah Abu Ayyub Al-Ansari sampai masjid beliau terbangun.
Saat Nabi ? datang ke Madinah, Madinah sedang dipenuhi berbagai wabah. Begitu beliau tiba, seluruh wabah penyakit itu lenyap.

Rabu, 7 Oktober 2009

Maulana Syekh Muhammad Nazim Adil al-Qubrusi an-Naqsybandi al-Haqqani q.s.


Segala puji dan syukur bagi-mu, wahai tuhan kami, yang telah membimbing kami pada samudera rahmat dari kebenaran-mu dan cahaya-mu. Allaahumma! Kirimkan barakah dan salam kedamaian bagi junjungan kami muhammad saw., penutup para nabi dan utusan-mu, yang membawa perjanjian terakhir ? Quran al-karim, juga bagi keluarga beliau dan seluruh sahabat-sahabat beliau, dan pewaris-pewaris beliau, baik yang hidup di masa lalu, maupun di masa kini, terutama pewaris dan wakil utama beliau di zaman ini.



















oleh Dr. G. F. Haddad
Damaskus, 12 Rabi?ul Awwal 1425 H, 1 Mei 2004


Hamba yang lemah ini, gibril ibn fouad diminta untuk ?menulis biografi dan artikel tentang kekasih kita mawlana syaikh nazim q.s. dalam beberapa kata-kata anda sendiri tentang kehidupan dan ajaran-ajaran beliau dan pengalaman anda bersama beliau.? Bulan ini adalah bulan rabi?ul awwal 1425h (mei 2004) adalah saat paling tepat untuk melakukan hal ini. Semoga allah swt. Mengilhami baik penulis maupun pembaca tentang mawlana syaikh nazim q.s. agar memiliki gambaran yang adil dan tepat terhadap subjek yang mulia ini. Tak ada daya maupun kekuatan melainkan dengan-nya. Sebagaimana dia melingkupi kebodohan kita dengan ilmu-nya, semoga pula dia melingkupinya dengan rahmat-nya, amin! (al-hamdulillah, izin telah diperoleh dari mawlana untuk merilis tulisan ini pada hari ini.)


Nama lengkap mawlana adalah muhammad nazim ?adil ibn al-sayyid ahmad ibn hasan yashil bash al-haqqani al-qubrusi al-salihi al-hanafi q.s., semoga allah swt. Mensucikan ruhnya dan merahmati kakek moyangnya. Kunya (nama panggilan) beliau adalah abu muhammad ? Dari nama anak laki-laki tertua beliau ? Selain itu beliau pula adalah ayah dari baha?uddin, naziha, dan ruqayya. Beliau dilahirkan pada tahun 1341 h (1922 m) di kota larnaka, siprus (qubrus) dari suatu keluarga arab dengan akar-akar budaya tatar. Beliau mengatakan pada saya bahwa ayah beliau adalah keturunan dari syaikh ?abdul qadir al-jailani q.s. diceritakan pula pada saya bahwa ibu beliau adalah keturunan dari mawlana jalaluddin ar-ruumi q.s. ini menjadikan beliau sebagai keturunan dari nabi suci muhammad saw., dari sisi ayahnya, dan keturunan dari sayyidina abu bakar ash-shiddiq, y, dari sisi ibundanya. Setelah menyelesaikan pendidikannya di siprus, mawlana melanjutkan ke perguruan tinggi di istanbul dan lulus sebagai sarjana teknik kimia. Di sana, beliau juga belajar bahasa arab dan fiqh, di bawah bimbingan syaikh jamal al-din al-alsuni q.s. (wafat 1375h/1955m) dan menerima ijazah dari beliau. Mawlana juga belajar tasawwuf dan thariqat naqsybandi dari syaikh sulayman arzarumi q.s. (wafat 1368h/1948m) yang akhirnya mengirim beliau ke syams (syria).
Mawlana melanjutkan studi syari?ah-nya ke halab (aleppo) hama, dan terutama di homs. Beliau belajar di zawiyyah dan madrasah masjid sahabat besar khalid ibn al-walid y di hims/homs di bawah bimbingan ulama besarnya dan memperoleh ijazah dalam fiqh hanafi dari syaikh muhammad ?ali ?uyun al-sud q.s. dan syaikh ?abd al-jalil murad q.s., dan ijazah dalam ilmu hadits dari muhaddits syaikh ?abd al-?aziz ibn muhammad ?ali ?uyun al-sud al-hanafi q.s.


Perlu dicatat bahwa yang terakhir adalah salah satu dari sepuluh guru hadits dari rifa?i hafizh di aleppo, syaikhul islam ?abd allah siraj al-din q.s. (1924-2002 m), yang duduk berlutut selama dua jam di bawah kaki mawlana syaikh ?abdullah faiz daghestani q.s. ketika yang terakhir ini mengunjungi aleppo di tahun 1959 dan yang memberikan bay?at dalam thariqat naqsybandi pada mawlana syaikh nazim q.s., ketika mawlana syaikh nazim q.s. mengunjunginya terakhir kali di aleppo di tahun 2001, sebagaimana diriwayatkan pada saya oleh ustadz muhammad ?ali ibn mawlana al-syaikh husayn ?ali q.s. dari syaikh muhammad faruq ?itqi al-halabi q.s. yang juga hadir pada peristiwa terakhir itu.
Mawlana syaikh nazim q.s. juga belajar di bawah bimbingan syaikh sa?id al-siba?i q.s. yang kemudian mengirim beliau ke damaskus setelah menerima suatu pertanda berkaitan dengan kedatangan mawlana syaikh ?abdullah faiz ad-daghestani q.s. ke syria. Setelah kedatangan awal beliau ke syria dari daghestan di akhir tahun 30-an, mawlana syaikh ?abdullah q.s. tinggal di damaskus, tetapi sering pula mengunjungi aleppo dan homs. Di kota yang terakhir inilah, beliau mengenal syaikh sa?id al-siba?i q.s. yang adalah pimpinan dari madrasah khalid bin walid. Syaikh sa?id q.s. menulis pada beliau (mawlana syaikh ?abdullah q.s.), ?kami mempunyai seorang murid dari turki yang luar biasa, yang tengah belajar pada kami.? Mawlana syaikh ?abdullah q.s. menjawab padanya, ?murid itu milik kami; kirimkan dia kepada kami!? Sang murid itu adalah guru kita, mawlana syaikh nazim q.s., yang kemudian datang ke damaskus dan memberikan bay?at beliau pada grandsyaikh kita pada kurun waktu antara tahun 1941 dan 1943.


Pada tahun berikutnya, mawlana syaikh ?abdullah q.s. pindah ke rumah baru beliau yang dibeli oleh murid syria pertamanya, dan khalifahnya yang masih hidup saat ini, mawlana syaikh husayn ibn ?ali ibn muhammad ?ifrini al-kurkani ar-rabbani al-kurdi as-syaikhani al-husayni q.s. (lahir 1336h/1917m) ? Semoga allah swt. Mensucikan ruhnya dan merahmati kakek moyangnya ? Di qasyoun, suatu gunung yang menghadap damaskus, yang allah swt. Berfirman tentangnya; ?demi tiin dan buah zaitun! Demi bukit sinai!? (qs. 95:1-2). Qatadah dan al-hasan al-basri berkata, ?at-tiin adalah gunung di mana damaskus terletak [jabal qasyoun] dan zaitun adalah gunung di mana jerusalem terletak.? Diriwayatkan oleh ?abd al-razzaq, al-tabari, al-wahidi, al-bayzawi, ibn al-jawzi, ibn katsiir, al-suyuti, as-syaukani, dll., semua dalam tafsir-tafsir mereka.


Mawlana syaikh nazim q.s. juga membeli sebuah rumah dekat rumah grandsyaikh dan bersama mawlana syaikh husayn q.s., membantu membangun masjid al-mahdi, masjid grandsyaikh, yang akhir-akhir ini diperbesar menjadi sebuah jami?, di mana di belakangnya terletak maqam dan zawiyyah grandsyaikh, di tempat mana, hingga saat ini, makanan dan sup ayam yang lezat disiapkan dalam kendi-kendi yang besar dan dibagi-bagikan bagi kaum fuqara dan miskin dua kali dalam seminggu.


Kemudian mawlana syaikh nazimk tinggal di damaskus sejak pertengahan tahun 40-an hingga awal 80-an, sambil sesekali melakukan perjalanan untuk belajar atau sebagai wakil dari grandsyaikh, hingga grandsyaikh wafat di tahun 1973. Setelah tahun itu, mawlana tinggal di damaskus beberapa tahun sebelum kemudian pindah ke siprus.
Jadi, mawlana, yang aslinya cypriot, dan grandsyaikh, yang asalnya daghistani, keduanya telah menjadi penduduk damaskus ?syamiyyun? Dan tinggal di distrik orang-orang salih (as-saalihiin) yang disebut salihiyya! Tak ada keraguan lagi, bahwa pentingnya damaskus bagi mawlana dan grandsyaikh adalah karena syam adalah negeri yang penuh barakah dan terlindungi melalui para nabi dan awliya?.


Imam ahmad dan murid beliau, abu dawud meriwayatkan dengan isnad (rantai) yang sahih bahwa nabi suci e bersabda, ?kalian harus pergi ke syam. Tempat itu telah terpilih secara ilahiah oleh allah swt. Di antara seluruh tempat di bumi-nya ini. Di dalamnya dia melindungi hamba-hamba pilihan-nya; dan allah swt. Telah memberikan jaminan padaku berkenaan dengan syam dan penduduknya!? Imam al-nawawi berkata dalam kitab beliau irsyad tullab al-haqa?iq ila ma?rifati sunan khayr al-khala?iq (s): ?hadits ini berkenaan dengan fadhillah (keistimewaan) yang besar dari syams dan merupakan suatu fakta yang dapat teramati!?
Direktur pimpinan dar al-ifta? (secara literal bermakna ?rumah fatwa?, maksudnya majelis fatwa seperti mui di indonesia, penerj.) Di beirut, lebanon, syaikh salahud diin fakhri q.s. mengatakan pada saya di rumah beliau di beirut dan menulis dengan tangan beliau kepada diri saya,
?Pada suatu pagi di hari ahad, 20 rabi?ul akhir 1386 h, bertepatan dengan hari minggu 7 agustus 1966 m, kami mendapat kehormatan untuk mengunjungi syaikh ?abd allah al-daghistani q.s.?rahimahullah (semoga allah swt. Merahmatinya) ? Di jabal qasyoun di damaskus atas inisiatif serta disertai pula oleh mawlana al-syaikh mukhtar al-?alayli q.s.? Rahimahullah ? Mufti republik lebanon saat itu; [yang adalah pula paman dari syaikh hisyam kabbani q.s., penulis], syaikh husayn khalid q.s., imam dari masjid nawqara; hajj khalid basyir ? Rahimahumallah (semoga allah swt. Merahmati keduanya); syaikh husayn sa?biyya q.s. [saat ini direktur dari dar al-hadits al-asyrafiyya di damaskus]; syaikh mahmud sa?d q.s.; syaikh zakariyya sya?r q.s.; dan hajj mahmud sya?r. Syaikh ?abdullah q.s. menerima kami dengan amat baik dan penyambutan yang ramah serta penuh kebahagiaan dan kegembiraan. Syaikh nazim al-qubrusi q.s. ? Semoga allah swt. Merahmati dan menjaga beliau ? Juga berada di situ saat itu!


Kami duduk dari pukul sembilan di pagi hari hingga tiba panggilan adzan dzuhur, sementara syaikh (grandsyaikh ?abdullah faiz ad-daghestani q.s., penerj.) ? Rahimahullah ? Menjelaskan tentang syams (syria), keutamaannya, kelebihan-kelebihannya yang luar biasa, dan bahwa tempat itu merupakan tempat kebangkitan dan bahwa allah swt. Akan mengumpulkan seluruh manusia di dalamnya untuk penghakiman dan hisab. Beliau menyebutkan pula hal-hal yang membuat hati dan pikiran kami tersentuh dan tergerak, dikuatkan pula oleh pengaruh suasana distrik salihiyya yang suci, dan beliau berbicara pula tentang hubungan yang tak terpisahkan ? Dalam praktik maupun dalam teori ? Antara tasawwuf dengan syari?ah? Semoga allah swt. Membimbing dan menunjukkan pada kita petunjuk-nya dalam perkumpulan dan suhbat dengan awliya?-nya yang shiddiq. Aamiin, yaa rabbal ?aalamiin!?


Masih ada banyak lagi nama-nama ulama dan awliya? Syams yang prestisius yang mencintai dan bersahabat dengan syuyukh kita dalam periode keemasan tersebut, seperti syaikh muhammad bahjat al-baytar q.s. (1311-1396), syaikh sulayman ghawji al-albani q.s. (wafat 1378 h), ayah dari guru kami, syaikh wahbi q.s., syaikh tawfiq al-hibri q.s., syaikh muhammad al-?arabi al-?azzuzi q.s. (1308-1382h) mufti dari lebanon, dan syaikh utama dari guru kami syaikh husayn ?usayran q.s., al-?arif syaikh syahid al-halabi q.s., al-?arif syaikh rajab at-ta?i q.s., syaikh al-qurra? Q.s. (ahli qira?at quran, penerj.) Syaikh najib khayyata al-farazi al-halabi q.s., al-?arif syaikh muhammad an-nabhan q.s., syaikh ahmad ?izz ad-din al-bayanuni q.s., al-?arif syaikh ahmad al-harun q.s. (1315-1382h), syaikh muhammad zayn al-?abidin al-jadzba q.s., dan lain-lain ? Semoga allah swt. Merahmati mereka semuanya!

Dari tiga puluh tahun suhbat (asosiasi) yang barakah antara mawlana dan grandsyaikh tersebut, muncullah mercy oceans (secara literal berarti samudera kasih sayang, merujuk pada buku-buku lama kumpulan suhbat mawlana syaikh nazim al-haqqani q.s., penerj.) Yang tak tertandingi, yang hingga kini masih tersebar pada setiap salik/pencari dengan judul-judulnya: endless horizons (?cakrawala tanpa batas?, penerj.), pink pearls (?mutiara-mutiara merah muda?, penerj.), rising suns (?matahari-matahari yang tengah terbit?, penerj.). Tak ada keraguan lagi, kumpulan-kumpulan suhbat awal tersebut adalah tonggak-tonggak utama dari seruan da?wah islam seorang diri mawlana syaikh nazim q.s. di amerika serikat dan eropa, dengan karunia allah swt.!


Semoga allah swt. Melimpahkan lebih banyak barakah-nya pada mawlana syaikh nazim q.s. dan mengaruniakan pada beliau maqam-maqam tertinggi yang pernah dia karuniakan bagi kekasih-kekasih-nya, berdekatan dengan junjungan kita, sayyidina muhammad saw., yang bersabda, Jika seseorang melakukan perjalanan untuk mencari ilmu, allah swt. Akan membuatnya berjalan di salah satu dari jalan-jalan surga, dan para malaikat akan merendahkan sayap mereka karena bahagia dan gembira pada ia yang mencari ilmu, dan para penduduk langit dan bumi serta ikan-ikan di kedalaman lautan akan memohonkan ampunan bagi seorang pencari ilmu! Keutamaan dari seorang yang berilmu atas orang beriman kebanyakan adalah bagaikan terangnya bulan purnama di kegelapan malam atas segenap bintang-gemintang! Ulama adalah pewaris-pewaris para nabi, dan para nabi tidaklah memiliki dinar maupun dirham, mereka hanya meninggalkan ilmu dan pengetahuan; dan ia yang mengambilnya sungguh telah mengambil bagian yang banyak! Tempat pertama yang kudatangi untuk mencari pengetahuan nabawi (pengetahuan kenabian) ini adalah london di bulan ramadan 1411 h, setelah aku bersyahadat laa ilaaha illa allah (bahwa tiada tuhan selain allah swt.), muhammadun rasulullah e (muhammad saw. Adalah utusan allah swt.). Di sanalah, aku meraih tangan suci mawlana untuk pertama kali dan melakukan bay?at (sumpah setia) setelah diperkenalkan pada thariqat ini oleh menantu beliau, dan khalifah beliau di amerika serikat, syaikh hisyam kabbani q.s. ? Semoga allah swt. Membimbingnya dan membimbing seluruh sahabat-sahabat mawlana! Aku mengunjungi mawlana beberapa kali di rumah beliau di siprus dan melihat pula beliau di damaskus. Di antara hadiah suhba yang diberikan mawlana adalah pada dua minggu terakhir di bulan rajab di tahun 1422h ? Oktober 2001 ? Di rumah dan zawiyah beliau di kota cypriot turki, lefke. Catatan akan pengalaman ini telah ditulis dalam bahasa arab dan bahasa inggris, serta diterbitkan dengan judul qubrus al-tarab fi suhbati rajab atau kebahagiaan siprus dalam suhbat.


Pada saat itulah, dan juga saat-saat kemudian, selama dua kunjungan terakhirnya ke Amerika Serikat, ke Inggris, di Siprus, dan Damaskus, aku mendapatkan dari Mawlana, petunjuk agung yang sama bagi setiap pencari kebenaran: Tujuan kita adalah untuk melindungi serta melukiskan Nabi Muhammad saw. dan sifat-sifat beliau yang luhur dan agung, baginya shalawat dan salam serta bagi ahli-bait dan sahabat-sahabat beliau; yang untuk ini Allah swt. mendukung kita!?

Dari sini, aku mengerti bahwa Murid yang sesungguhnya dalam Thariqat Naqsybandi-Haqqani adalah sahabat, penolong dan pendukung dari setiap pembela Sayyidina Muhammad saw., dan adalah tugasnya untuk bersahabat dan berasosiasi dengan para pembela seperti itu karena mereka berada pada jalan Mawlana, tak peduli apakah mereka adalah Naqsybandi atau bukan.
Ketika seorang Waliyyu-llah yang telah berumur delapan puluh tahun-an di Johor, Malaysia, al-Habib ?Ali ibn Ja?far ibn ?Abd Allah al-?Aydarus menerima kami di rumahnya di bulan Mei 2003, mengenakan pakaian yang tak pernah berubah sejak tahun 1940-an, beliau terlihat seperti Mawlana dalam segenap aspeknya, dan bahkan terlihat menyerupainya ketika beliau meminta maaf atas bahasa Arab-nya yang tak fasih. Ketika kami memohon du?a beliau bagi negeri-negeri kita yang terluka dan bagi penduduk-penduduknya, beliau menjawab, ?Ummah ini terlindungi dan berada pada tangan-tangan yang baik, dan pada Syaikh Nazim q.s. telah kau dapati kebercukupan!?

Dus, dengan setiap perjumpaan dari murid yang sederhana dan rendah hati dari Mawlana dengan Awliya? dari Ummat ini; Mereka (para Awliya? tersebut, penerj.) semuanya menunjukkan rasa hormat tertinggi serta kerendahan hati yang amat dalam bagi Mawlana dan silsilah beliau, sekalipun mereka secara harfiah (penampakan luar) berada pada jalan (thariqat) yang berbeda, seperti al-Habib ?Ali al-?Aydarus q.s. di Malaysia, Sayyid Muhammad ibn ?Alawi al-Maliki q.s. di Makkah, al-Habib ?Umar ibn Hafiz q.s. di Tarim, Sayyid Yusuf ar-Rifa?i q.s. di Kuwait, Syaikh ?Isa al-Himyari q.s. di Dubai, Sayyid ?Afif ad-Din al-Jailani q.s. dan Syaikh Bakr as-Samarra?i q.s. di Baghdad, as-Syarif Mustafa ibn as-Sayyid Ibrahim al-Basir q.s. di Maroko tengah, Grandmufti Syria (alm.) Syaikh Ahmad Kuftaro ibn Mawlana al-Syaikh Amin q.s. dan sahabat-sahabatnya Syaikh Bashir al-Bani q.s., Syaikh Rajab Dib q.s., dan Syaikh Ramazan Dib q.s.; Syuyukh Kattani q.s. dari Damaskus; Syaikh (alm.) ?Abd Allah Siraj ud-Din q.s. dan keponakan beliau Dr. Nur ud-Din ?Itr; Mawlana as-Syaikh ?Abd ur-Rahman as-Shaghuri q.s.; Dr. Samer al-Nass; dan guru-guru serta saudara-saudara kita lainnya di Damaskus ? semoga Allah swt. selalu melindungi Damaskus dan melimpahkan rahmat-Nya bagi mereka dan diri kita! Aku telah bertemu dengan setiap nama yang kusebut di atas kecuali Syaikh Sirajud-Din q.s. dan mereka semua mengungkapkan tarazzi atas Mawlana as-Syaikh Nazim q.s., mengungkapkan keyakinan atas ketinggian wilayah-nya (derajat kewalian, penerj.) dan memohon do?a beliau atau do?a pengikut-pengikut beliau;
??Dan cukuplah Allah swt. sebagai saksi. Muhammad itu adalah utusan Allah swt.??
(QS. 48:28-29)

Sudah menjadi suatu aturan yang disepakati di antara Rijal-Allah (maksudnya para Kekasih Allah swt., penerj.) bahwa keragaman jalan ini adalah tema (dandana, maksudnya kira-kira ?diperuntukkan bagi?, penerj.) mereka yang belum terhubungkan (mereka yang belum mencapai akhir perjalanan, mereka yang belum mendapatkan ?amanat?-nya, penerj.), sementara mereka yang telah mawsul (?sampai?, penerj.) semua berada pada satu jalan dan dalam satu lingkaran dan mereka saling mengetahui dan mencintai satu sama lain. Mereka akan berada di mimbar-mimbar cahaya di Hari Kebangkitan. Karena itu, kita, para Murid dari jalan-jalan (Thuruq, jamak dari Thariqat) itu mestilah pula saling mengetahui, mengenal dan mencintai satu sama lain demi keridhaan Allah swt. dan Nabi-Nya serta para Kekasih-Nya agar diri kita mampu memasuki cahaya penuh barakah tersebut dan masuk dalam lingkaran tertinggi dari suhba (persahabatan) dan jama?ah, jauh dari furqa (perpecahan) dan keangkuhan. Sebagaimana Allah swt. berfriman: ?Yaa Ayyuha l-ladziina aamanu t-taqu ul-laaha wa kuunuu ma?as shadiqiin? ?Wahai orang-orang beriman takutlah kalian akan Allah swt. dan tetaplah berada [dalam persahabatan dan kesetiaan] dengan orang-orang yang Benar (Shiddiqiin)!?; dan Nabi Suci kita e bersabda, ?Aku memerintahkan pada kalian untuk memgikuti sahabat-sahabatku dan mereka yang mengikutinya (tabi?in, penerj.), kemudian mereka yang mengikutinya (tabi?it tabi?in, penerj.); setelah itu, kebohongan akan merajalela?Tapi kalian mestilah tetap berada pada Jama?ah dan berhati-hatilah dari perpecahan!?
Jama?ah inilah yang dilukiskan dalam suatu hadits mutawatir (diriwayatkan banyak orang, penerj.): Ia yang dikehendaki Allah swt. untuk beroleh kebajikan besar, akan Dia karuniakan padanya pemahaman yang benar (haqq) dalam Agama. Aku (mengacu pada Nabi e, penerj.) hanyalah membagikan dan adalah Allah swt. yang mengkaruniakan! Kelompok itu akan tetap menjaga Perintah dan Aturan Allah swt., tak akan terlukai oleh kelompok yang menentang mereka, hingga datangnya Ketetapan Allah swt.?
Ya Allah swt., jadikanlah kami selalu bersyukur atas apa yang telah Kau karuniakan dan yang telah Rasul-Mu dan Habib-Mu bagikan!
Aku mendengar Mawlana Syaikh Nazim q.s. berkata beberapa kali atas nama guru beliau, Sultan al-Awliya? Mawlana as-Syaikh ?Abd Allah swt.bn Muhammad ?Ali ibn Husayn al-Fa?iz ad-Daghestani tsumma asy-Syami as-Salihi q.s. (ca. 1294-1393 H)[1]
dari Syaikh Syaraf ud-Din Zayn al-?Abidin ad-Daghestani ar-Rasyadi q.s. (wafat 1354 H),
dari paman maternal (dari sisi ibu) beliau, Syaikh Abu Muhammad al-Madani ad-Daghistani al-Rasyadi q.s.[2],
dari Syaikh Abu Muhammad Abu Ahmad Hajj ?Abd ar-Rahman Effendi Ad-Daghistani ats-Tsughuri q.s. (wafat 1299 H)[3],
dari Syaikh Jamal ud-Din Effendi al-Ghazi al-Ghumuqi al-Husayni q.s. (wafat 1292 H)[4],
juga (keduanya baik ats-Tsughuri maupun al-Ghumuqi) dari Muhammad Effendi ibn Ishaq al-Yaraghi al-Kawrali q.s. (wafat 1260 H)[5],
dari Khass Muhammad Effendi asy-Syirwani ad-Daghestani q.s. (wafat 1254 H)[6],
dari Syaikh Diya?uddin Isma?il Effendi Dzabih Allah al-Qafqazi asy-Syirwani al-Kurdamiri ad-Daghestani q.s. (wafat ???),
dari Syaikh Isma?il al-Anarani q.s. (wafat 1242 H),
dari Mawlana Diya?uddin Khalid Dzul-Janahayn ibn Ahmad ibn Husayn as-Shahrazuri al-Sulaymani al-Baghdadi al-Dimashqi an-Naqsybandi al-?Utsmani ibn ?Utsman ibn ?Affan Dzun-Nurayn q.s. (1190-1242 H) dengan rantai isnad-nya yang masyhur hingga Syah Naqsyband Muhammad ibn Muhammad al-Uwaysi al-Bukhari q.s. yang berkata,
Thariqat kami adalah SHUHBAH (persahabatan) dan kebaikannya adalah dalam JAMA?AH (kelompok)


Semoga Allah swt. meridhai diri mereka semuanya, merahmati mereka, dan mengaruniakan pahala-Nya bagi mereka, dan memberikan manfaat bagi kita lewat mereka melalui telinga kita, kalbu-kalbu kita, dan keseluruhan wujud diri kita, Amin!
Beberapa kritik dari ?Calon Sufi? atas Thariqat Haqqani mengatakan atas thariqat kita dengan apa yang mereka sebut sebagai ?kurang dalam sisi ilmu?. Seorang Sufi yang teliti akan menjadi orang terakhir yang mengatakan kritik yang menyesatkan seperti itu! Semestinya mereka menjadi orang-orang pertama yang mengetahui bahwa ilmu, sebagai ilmu saja, tidak hanya tanpa manfaat, tapi juga dapat menjadi perangkap mematikan yang mengarah kepada kebanggaan syaithaniyyah. Tak ada maaf baik bagi ia yang sombong (yaitu dengan ilmunya, penerj.) maupun ia yang bodoh; hanya Sufi yang penuh cinta, ketulusan, serta bertaubat-lah, walau memiliki kekurangan dalam ilmu dan adabnya, yang lebih dekat pada Allah swt. dan pada ma?rifatullah (pengenalan akan Allah swt.) daripada seorang Sufi berilmu yang menyimpan dalam kalbunya kebanggaan sekalipun hanya setitik debu. Semoga Allah swt. melindungi diri kalian dan diri kami!
Ibrahim al-Khawwass berkata bahwa ilmu (pengetahuan) bukanlah untuk mengetahui banyak hal, tapi untuk menaati Sunnah dan mengamalkan apa yang diketahui sekalipun itu hanya sedikit.


Imam Malik berkata bahwa ilmu bukanlah untuk mengetahui banyak hal, tapi ia adalah cahaya Allah swt. yang Dia timpakan pada hati.
Imam as-Syafi?i berkata bahwa ilmu bukanlah untuk mengetahui bukti dan dalil, melainkan untuk mengetahui apa yang bermanfaat.
Dan ketika seseorang berkata tentang Ma?ruf al-Karkhi (murid dari Dawud at-Ta?i, yang merupakan murid dari Habib ?Ajami, murid dari Hasan al-Bashri; guru dari Sari as-Saqati, guru dari Sayyid Taifa Junayd al-Baghdadi, penerj.), ?Dia bukanlah seseorang yang amat alim (berilmu),? Imam Ahmad pun berkata, ?Mah! Semoga Allah swt. mengampunimu! Adakah hal lain yang dimaksudkan oleh Ilmu selain dari apa yang telah dicapai oleh Ma?ruf?!?


Kritik lain berisi keberatan atas Rabitah atau ?Ikatan?, suatu karakteristik khusus dari Thariqat Naqsybandi. Lebih jelasnya, mereka yang mengkritik rabitah ini berkeberatan atas unsur tasawwur atau ?Penggambaran? dalam rabitah yang meminta Murid untuk menggambarkan citra sang Syaikh dalam hatinya di permulaan maupun selama dzikir. Tetapi Allah swt. telah berfirman, ?Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah e itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah swt. dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah swt.? [33:21] dan Dia berfirman pula, ?Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya; ? [2:189] dan karena itulah kita datang kepada Nabi e melalui ash-Shiddiq y, dan datang kepada yang terakhir ini melalui Salman y, dan masuk kepada yang terakhir ini melalui Qasim y, dan kepada yang terakhir ini melalui Sayyid Ja?far u, dan seterusnya. Karena ?Ulama adalah pewaris para Nabi", dapat dipahami bahwa sang Mursyid adalah teladan kita akan teladan dari Nabi tersebut (di ayat 33:21 di atas, penerj.) dan ia (sang Mursyid) mestilah seseorang di antara mereka yang atas mereka, Nabi e bersabda, ?Jika kalian melihat mereka, kalian ingat akan Allah swt.!? Hadits ini diriwayatkan dari Ibn ?Abbas , Asma? bint Zayd, dan Anas (semoga Allah swt. ridha atas diri mereka semua), juga dari Tabi?in Sa?id ibn Jubayr, ?Abd al-Rahman ibn Ghanam, dan Muslim ibn Subayh.


Beberapa orang memprotes terhadap konsep fana? sang Murid dalam diri Syaikh, atau fana? fis-Syaikh. Mereka berkata, ?Syaikhmu hanyalah seorang manusia; jadikanlah fana?-mu pada diri Rasulullah e!? Tetapi, adalah salah untuk menyamakan sang Syaikh pembimbing sama seperti yang lain. Syaikh Ahmad Sirhindi q.s.? qaddas-Allahu sirrahu - berkata: ?Ketahuilah bahwa melakukan perjalanan (suluk) pada Thariqat yang paling Mulia ini adalah dengan ikatan (rabitah) dan cinta pada Syaikh yang kita ikuti. Syaikh seperti itulah yang berjalan di Jalan ini dengan keteguhan (istiqamah), dan ia tercelupi (insabagha) dengan segenap macam kesempurnaan melalui kekuatan daya tarik Ilahiah (jadzbah). Pandangannya menyembuhkan penyakit-penyakit hati dan konsentrasinya atau pemusatan pikirannya (tawajjuh) mengangkat habis cacat-cacat ruhani. Pemilik dari kesempurnaan-kesempurnaan ini adalah Imam dari zaman ini dan Khalifah pada waktu itu? Dus, ikatan kita (padanya) adalah (melalui) cinta, dan hubungan (nisba) kita dengannya adalah pencerminan dan pencelupan diri, tak peduli apakah diri kita dekat atau jauh (secara fisik darinya, penerj.). Hingga kemudian sang murid akan tercelupkan dalam Jalan ini melalui ikatan cintanya pada sang Syaikh, jam demi jam, dan tercerahkan oleh pantulan cahaya-cahayanya. Dalam pola seperti ini, pengetahuan akan proses bukanlah suatu prasyarat untuk memberi atau menerima manfaat. Buah semangka matang oleh panas Sang Surya jam demi jam dan menghangat dengan berlalunya hari? Sang Semangka semakin matang, namun pengetahuan macam apakah yang dimiliki sang semangka akan proses ini? Apakah sang Surya bahkan mengetahui bahwa dirinya tengah mematangkan dan menghangatkan sang Semangka? Sebagaimana disebutkan di atas, berkeberatan atas konsep fana? fis-Syaikh adalah berarti pula berkeberatan akan cinta pada sang Syaikh. Kita semua memiliki keinginan dan tujuan untuk mencintai Syaikh kita dan mengetahui bahwa ia-lah objek yang paling patut menerima cinta dan hormat kita di dunia ini.


Sebagaimana sang penyair berpuisi:
Atas kesetiaan padamu yang suci dan tuluslah, aku mengatakan:
Cinta atasmu terpahat dalam kalbu dari kalbu-kalbuku,
Sebagai suatu ukiran yang dalam [NAQSY], suatu prasasti kuno.
Tak kumiliki lagi kehendak [IRADA] apa pun, selain cintamu,
Tak pula dapat kuucapkan apa pun padamu, selain "aku cinta padamu".


Tentang hal ini, Mawlana berkata pada suatu kesempatan baru-baru ini, ?Kita telah diperintahkan untuk mencintai orang-orang suci. Mereka adalah para Nabi, dan setelah para Nabi, adalah para pewaris mereka, ?Awliya?. Kita telah diperintahkan untuk beriman pada para Nabi, dan iman memberikan pada diri kita ?Cinta?. Cinta membuat manusia untuk mengikuti ia yang dicintai. ITTIBA? bermakna untuk mencintai dan mengikuti, sementara ITA?AT bermakna [hanya] untuk mengikuti. Seseorang yang taat mungkin taat karena paksaan atau karena cinta, tetapi tidaklah selalu karena cinta.?
?Nah, Allah swt. menginginkan hamba-hamba-Nya untuk mencintai-Nya. Dan para hamba tidaklah mampu menggapai secara langsung cinta atas Tuhan mereka. Karena itulah, Allah swt. mengutus, sebagai utusan dari Diri-Nya, para Nabi yang mewakili-Nya di antara para hamba-Nya. Dan setiap orang yang mencintai Awliya? dan Anbiya?, melalui Awliya? akan menggapai cinta para Nabi. Dan melalui cinta para Nabi, kalian akan menggapai cinta Allah swt.?
?Karena itu, tanpa cinta, seseorang tak mungkin dapat menjadi orang yang dicintai dalam Hadirat Ilahi. Jika kalian tak memberikan cinta kalian, bagaimana Allah swt. akan mencintai kalian??
?Namun manusia kini sudah seperti kayu, yang kering, kayu kering, mereka menyangkal cinta. Mereka adalah orang-orang yang kering ? tak ada kehidupan! Suatu pohon, dengan cinta, terbuka, bersemi dan berbunga di kala musim semi. Tetapi kayu yang telah kering, bahkan seandainya tujuh puluh kali musim semi mendatanginya, tak akan pernah terbuka. Cinta membuat alam ini terbuka dan memberikan buah-buahannya, memberikan keindahannya bagi manusia. Tanpa cinta, ia tak akan pernah terbuka, tak akan pernah berbunga, tak akan pernah memberikan buahnya.?
?Jadi Cinta adalah pilar utama paling penting dari iman. Tanpa cinta, tak akan ada iman. Saya dapat berbicara tentang hal ini hingga tahun depan, tapi kalian harus mengerti, dari setetes, sebuah samudera!? (akhir suhbat Mawlana).
Dengan dan melalui Mawlana, Allah swt. telah membuat segala macam hal yang sulit menjadi mudah. Kita amat bersyukur mengetahui beliau karena beliaulah jalan pintas bagi kita menuju nuur/cahaya dalam Agama ini. Nur ini adalah tujuan dan sasaran dari setiap orang yang sehat. Nur dan cahaya inilah yang dilukiskan dalam ayat yang Agung, ?Allah swt. menganugerahkan al-hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Qur'an dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakal-lah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah swt.).? [2:269] Semoga Allah swt. mengaruniakan bagi diri kita hikmah ini dan menjaga diri kita pada Jalan yang telah Dia perintahkan dan Dia sukai bagi diri kita! Semoga Allah swt. mengaruniakan pada Mawlana umur panjang dalam kesehatan dan mengaruniakan pada diri kita tingkatan (maqam) Murid yang Sejati demi kehormatan dari Ia yang paling terhormat, Nabi Muhammad saw.!
________________________________________
1-Ada beberapa variasi pendapat tentang tahun lahir Mawlana as-Syaikh ?Abd Allah q.s., berkisar dari 1284 H (dalam kitab at-Thariqat an-Naqsybandiyya, karangan Muhammad Darniqa) hingga 1294 H menurut murid tertua Syaikh ?Abdullah q.s., Mawlana as-Syaikh Husayn q.s. (dalam kitab at-Thariqat an-Naqsybandiyya al-Khalidiyya ad-Daghistaniyya, karangan Ustadz Muhammad ?Ali ibn as-Syaikh Husayn) hinga 1303 H dalam kitab al-Futuhat al-Haqqaniyya, karangan Syaikh ?Adnan Kabbani q.s. hingga 1309 H dalam buku The Naqshbandi Sufi Way, karangan Syaikh Hisyam Kabbani q.s.
2-Beliau menerima pula Thariqat Qadiri dari Syaikh Ibrahim al-Qadiri q.s. (demikian pula Syaikh Jamaluddin q.s.) yang dengan bimbingannya, beliau memulai suluknya hingga Syaikh Ibrahim q.s. menyuruhnya ke Syaikh ats-Tsughuri q.s., lihat ?Ali, Thariqat Naqsybandiyya (halaman 229).
3-Lihat Hadaya al-Zaman fi Tabaqat al-Khawajagan an-Naqsybandiyya (halaman 375) karangan Syu?ayb ibn Idris al-Bakini. Beliau mengambil pula dari al-Yaraghi, lihat Sullam al-Wusul karangan Ilyas al-Zadqari, sebagaimana dikuti di Hadaya (halaman 378).
4-lihat Hadaya, al-Bakini (halaman 396). Beliau menerima Thariqat Qadiri dari Syaikh Ibrahim al-Qadiri q.s. dan memperkenalkan dzikir jahr dalam cabang Daghistani dari Naqshbandiyya melalui ijazah tersebut, lihat al-Bakini, Hadaya (halaman 396); ?Ali, Tariqa Naqsybandiyya (halaman 229).
5-dan bukannya 1254 H, sebagaimana secara salah disebutkan di beberapa sumber. Koreksi ini dari ?Ali, Thariqat Naqsybandiyya (halaman 214). Muhammad al-Yaraghi juga mengambil secara langsung dari Syaikh Isma?il asy-Syirwani q.s., lihat al-Bakini, Hadaya (hal. 350-351).
6-dari Syirwan di masa sekarang di Azerbaijan. Beliau wafat di Damaskus dan dimakamkan di Jabal Qasyoun, di samping Mawlana Khalid q.s. dan Mawlana Isma?il al-Anarani q.s. yang merupakan penerus pertama Mawlana Khalid q.s., yang wafat tujuh belas hari setelah wafatnya Mawlana Khalid q.s., keduanya karena wabah ? semoga Allah swt. merahmati mereka semua dan seluruh Syuhada?-Nya.

Kerabat

Kerabat